Skip to main content

SOFTSKILL SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI III

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

Artificial Intelligence (AI) merupakan bidang yang memiliki sejarah panjang tapi masih terus-menerus dan secara aktif berkembang dan berubah. Dalam kursus ini, anda akan mempelajari dasar-dasar AI modern serta beberapa aplikasi perwakilan dari AI. Di sepanjang perjalanan, kami juga berharap untuk menyenangkan anda tentang berbagai aplikasi dan kemungkinan besar di bidang AI, yang terus memperluas kemampuan manusia di luar imajinasi kita.

Kecerdasan buatan (AI) merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer yang menekankan penciptaan mesin cerdas yang bekerja dan bereaksi seperti manusia. Beberapa kegiatan komputer dengan kecerdasan buatan yang dirancang untuk mencakup:

  • Pengenalan suara
  • pengetahuan
  • perencanaan
  • Pemecahan masalah

Kecerdasan buatan adalah cabang dari ilmu komputer yang bertujuan untuk membuat mesin cerdas. Hal ini telah menjadi bagian penting dari industri teknologi.

Penelitian terkait dengan kecerdasan buatan sangat teknis dan khusus. Masalah inti kecerdasan buatan termasuk komputer pemrograman untuk sifat-sifat tertentu seperti:

  • Pengetahuan
  • Pemikiran
  • Pemecahan masalah
  • Persepsi
  • Pengetahuan
  • Perencanaan
  • Kemampuan untuk memanipulasi dan memindahkan objek

Teknik pengetahuan adalah bagian inti dari penelitian AI. Mesin sering dapat bertindak dan bereaksi seperti manusia hanya jika mereka memiliki informasi berlimpah yang berkaitan dengan dunia. kecerdasan buatan harus memiliki akses ke obyek, kategori, sifat dan hubungan antara semua dari mereka untuk menerapkan pengetahuan teknik. Menggagas akal sehat, penalaran dan daya pemecahan masalah di mesin adalah pendekatan sulit dan membosankan.

Pembelajaran mesin adalah bagian inti lain dari AI. Belajar tanpa jenis pengawasan memerlukan kemampuan untuk mengidentifikasi pola dalam aliran input, sedangkan belajar dengan pengawasan yang memadai melibatkan klasifikasi dan regresi numerik. Klasifikasi menentukan kategori obyek milik dan regresi penawaran dengan mendapatkan satu set numerik input atau output contoh, sehingga menemukan fungsi memungkinkan generasi output yang cocok dari input masing-masing. Analisis matematis dari algoritma mesin pembelajaran dan kinerja mereka adalah cabang yang didefinisikan dengan baik teori ilmu komputer sering disebut teori belajar sebagai komputasi. 

Persepsi mesin menawarkan dengan kemampuan untuk menggunakan input sensorik untuk menyimpulkan aspek yang berbeda dari dunia, sementara visi komputer adalah kekuatan untuk menganalisis input visual yang dengan beberapa sub-masalah seperti wajah, objek dan pengenalan suara.

Robotika juga merupakan bidang utama yang berhubungan dengan AI. Robot membutuhkan kecerdasan untuk menangani tugas-tugas seperti manipulasi obyek dan navigasi, bersama dengan sub-masalah lokalisasi, perencanaan gerak dan pemetaan.


EXPERT SYSTEM (ELLIZA, PARRY, NETTALK)

Sistem pakar adalah program komputer yang dirancang untuk meniru dan menyerupai kecerdasan manusia, keterampilan atau perilaku.
Hal ini terutama dikembangkan menggunakan konsep kecerdasan buatan, alat dan teknologi, dan memiliki pengetahuan yang ahli dalam bidang tertentu, topik atau keterampilan.

  • ELIZA
Eliza adalah salah satu Sistem Pakar yang paling awal dikembangk oleh Joseph Weizenbaum di MTT sebagai program komputer terapis. Program ini membuat pengguna berkominikasi dengan komputer sebagaimana sedang berkonsultasi dengan seorang terapis.Berikut adalah contoh percakapan antara Eliza dengan seorang klien :
Eliza       : Hello. I am ELIZA. How can I help you?
Klien       : My name is Balza
Eliza       : I have told you before, I do not care about names
Klien       : I don’t have any money. That’s my problem
Eliza       : Why do you say your problem?
Klien       : Because you asked me
Eliza       : Do any other reasons not come to mind?
Klien       : No
Eliza       : You are being a bit negative
Klien       : Why?
Eliza       : Please go on
Klien       : OK. I am bankrupt
Eliza       : How long have you been bankrupt?
Klien       : A year
Eliza       : Please go on
Klien       : So, what should I do?
Eliza       : Does that question interest you?
Klien       : Yes, how can I make big money?
Eliza       : You are sure?
Klien       : Of course I’m sure
  • PARRY
Parry adalah sebuah sistem pakar yang termasuk juga paling awal dikembangkan di Standford University oleh seorang psikiater, yaity Kenneth Colby. Kenneth Colby mensimulasikan seorang paranoid dalam sistem pakar parry ini. Berikut ini adalah contoh respon Parry terhadap pertanyaan seorang psikiater yang menginterviunya :
Psikiater : Why are you in the hospital?
Parry      : I shouldn’t be here
Psikiater : Who brought you here?
Parry      : The police
Psikiater : What trouble did you have with the police?
Parry      : Cops don’t do their job
Psikiater : What do they do instead?
Parry      : Cops arrest wrong people
Psikiater : They arrest the right ones sometimes
Parry      : The law should get those Italian crooks
Psikiater : Are you Italian?
Parry      : My bacground is British but I was born in this country
Psikiater : Do you know any Italian crooks?
Parry      : I try to avoid the underworld
  • NETTALK
NetTalk merupakan hasil penelitian Terrence Sejnowski dan Charles Rosenberg pada pertengahan 1980 mengenai jaringan saraf tiruan. NetTalk adalah sebuah program yang berdasarkan pada jaring-jaring neuron dengan membaca tulisan dan mengucapkannya keras-keras. NetTalk membaca keras-keras dengan cara mengkonversi tulisan menjadi fonem-fonem, unit dasar dari suara sebuah bahasa. Hal ini mengungkapkan bahwa belajar membaca melibatkan mekanisme kompleks yang banyak melibatkan bagian dari otak manusia. Sistem ini memiliki tiga lapisan yaitu: lapisan input (setiap unit merespon tulisan), lapisan output (unit menampilkan ke 55 fonem dalam bahasa inggris) dan lapisan unit tersembunyi (setiap unit ditambahkan koneksinya pada setiap input maupun output).

sumber:

Comments

Popular posts from this blog

PSIKOTERAPI: Pengertian, Tujuan, Perbedaan Konseling dengan Psikoterapi, Pendekatan Psikoterapi Terhadap Mental Illness Menurut J.P Chaplin, Bentuk Utama dari Terapi Supportive, Reeducative dan Reconstructive

Nama        : Astrid Dwi Kurnia NPM          : 11513464 Kelas        : 3PA16 Tugas       : 1 1. PENGERTIAN PSIKOTERAPI Dilihat secara etimologis psikoterapi mempunyai arti sederhana, yakni “psyche” yang artinya jelas yaitu “mind” atau sederhananya: jiwa dan “therapy” mengasuh, sehingga psikoterapi dalam arti sempitnya adalah “perawatan terhadap aspek kejiwaan” seseorang. Pengertian psikoterapi menurut beberapa tokoh: Watson & Morse (1977) Bentuk khusus dari interaksi antara dua orang, pasien dan terapis, pada mana pasien memulai interaksi karena ia mencari bantuan psikologik dan terapis menyusun interaksi dengan mempergunakan dasar psikologik untuk membantu pasien meningkatkan kemampuan mengendalikan diri dalam kehidupannya dengan mengubah pikiran, perasaan dan tindakannya, Corsini (1989) Psikoterapi adalah proses formal dari interaksi antara dua pihak, setiap pihak biasanya terdiri dari satu oran, tetapi ada kemungkinan

Pengalaman Aku Membantu Kucing Melahirkan dan 11 Ekor Kucing yang Aku Punya

HI CAT LOVERS! Kali ini aku mau bagi pengalaman ku mengenai kucing yang akan melahirkan. Pengalaman aku membantu kucingku yang akan melahirkan waktu itu si muffy dan si ibbon juga. MUFFY TADAAAAA ini dia yang namanya Muffy, dia kucing hasil uang tabungan aku dan di ijinin karna ranking 9 haha. diaaa nurut bangettt, sekilas cerita tentang dia dulu boleh ya? jadi dia itu penurut bgt guys, kadang suka bobo di kursi ruang tamu.  terus dia juga kalo ada kucing berantem yang lagi ribut di dkt rumah / depan rumah pasti dia ikut lari datengin 2 kucing lg ribut, entah dia lagi belain salah satunya atau lagi melerai mereka yang bertengkar . hehe baik sekali! tapi kadang dia kalo ga sabaran untuk kawin dia kawin sama kucing liar :( sampai suatu hari itu dia kawin sama kucing liar trus belum waktu bulan dia mau melahirkan, waktu itu aku sama keluarga lagi pergi dan kebetulan cuma ada lek ku di rumah yauda aku cuma ilang taruh aja kucingnya di lemari box di bawah taruhin

Kesehatan Mental : Penyesuaian Diri dan Pertumbuhan , STRES

Tugas ke        : 2 Nama             : ASTRID DWI KURNIA Kelas               : 2PA16 NPM               : 11513464 1. PENYESUAIAN DIRI DAN PERTUMBUHAN A. Penyesuaian Diri Pengertian penyesuaian diri adalah proses yang diharapi oleh individu dalam mengenal lingkungan yang baru. Menurut Schneiders (1964), pengertian penyesuaian diri dapat ditiinjau dari tiga sudut pandang, yaitu: Penyesuaian sebagai adaptasi Penyesuaian diri sebagai bentuk konformitas Penyesuaian diri sebagai usaha penguasaan Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa penyesuaian diri adalah proses dinamik dalam interaksi individu dengan diri sendiri, orang lain dan lingkungan yang mencakup respon-respon mental dan perilaku untuk menghadapi kebutuhan-kebutuhan internal, ketegangan, frustasi, konflik dan mencapai keselarasan antara tuntutan dari dalam diri dengan tuntutan dari luar diri individu. Penyesuaian diri memiliki karakteritistik yang dapat diamati. Karakteri